Sunday, April 26, 2009

Efektifitas vs Efisiensi

Saat anda membaca judul di atas, mungkin terbersit dalam pikiran anda bahwa kita harus bekerja seperti robot. Bekerja tanpa perasaan dan tidak dapat berpikir.

Kita tidak jarang pula menyamakan artinya dengan efisien. Padahal, menjadi efektif adalah menentukan tujuan yang tepat dari alternatif yang ada. Menentukan metode yang paling tepat atas beberapa pilihan juga merupakan bagian dari efektifitas.

Di lain pihak, efisiensi menitikberatkan pada metode yang paling tepat, dimana tujuan telah ditentukan sebelumnya. Hmm.. sedikit membingungkan. Tapi mungkin istilah "do the right things" dan "do things right" memudahkan anda memahaminya. Konsep yang pertama adalah efektifitas.

Ada sekelompok orang yang lebih memntingkan satu dibanding yang lainnya. bagi saya pribadi, "do the right things" adalah yang paling tepat. Kenapa?

Sebelum kita dapat mengerjakan sesuatu, kita sebaiknya tahu betul untuk apa dan kenapa kita mengerjakannya. Ini beda kita dengan robot. Robot hanya bekerja karena diperintahkan. Tujuan robot yang utama adalah mengerjakan sesuatu dengan benar. Kita sebagai manusia seharusnya bisa memilih mengerjakan sesuatu yang benar dulu baru kemudian mengerjakannya dengan benar.

No comments:

Post a Comment