Sunday, April 26, 2009

PIta 12 "Kita Bekerja Terbaik Jika Di Bawah Tekanan"

Banyak di antara kita percaya bahwa kita dapat melakuan pekerjaan kita sebaik-baiknya apabila kita berada dibawah tekanan. Namun, pengamatan yang lebih dekat lagi pada umumnya menunjukkan bahwa ini jenis pemikiran khayalan yang dipergunakan mereka yang berusaha untuk membenarkan kemalasan.

Penalarannya sebagai berikut: "Karena saya dapat bekerja keras bila benar-benar memperoleh tekanan, maka saya akan tunggu sampai menit-menit terakhir. Ini benar-benar mempengaruhi kejiwaan diri saya. Kemudian saya akan menyalakan semangat saya, berusaha sekuat mungkin dan melakukan pekerjaan sebaik-baiknya".
Ini benar-benar merupakan suatu bentuk penipuan diri yang hebat tetapi yang lazim terjadi.

Bila tetap ada, tidak banyak sebenarnya di antara kita yang pernah melakukan suatu pekerjaan yang baik dibawah tekanan, apapun yang akan kita percayai. Di masa mendatang, sebelum anda menempatkan diri dibawah tekanan, hendaknya anda mempertimbangkan kemungkinan-kemungkinan akibat yang berikut ini :

Pertama, bila anda terpaksa harus bekerja dengan kecepatan yang dipertinggi, kegiatan itu juga akan meningkatkan kemungkinan-kemungkinan melakukan kesalahan-kesalahan. Dan bila anda benar-benar melakukan kekeliruan yang gawat, mungkin anda tidak mempunyai waktu untuk memperbaikinya.

Kedua, keadaan-keadaan dibawah tekanan akan menjadikan anda tidak kebal tehadap Hukum Murphy :

"Tidak ada sesuatu yang mudah seperti apa yang terlihat. Segala sesuatunya membutuhkan waktu yang lebih lama dari yang diharapkan. Dan bila apapun juga mendapat kesalahan, anda juga dapat berbuat salah, justru mungkin pada saat-saat yang paling buruk"

Sesuatu yang sangat mendesak dan penting mungkin akan muncul dan merampas waktu anda yang berharga yang hanya sedikit tersebut dan yang telah anda sediakan untuk melakukan pekerjaan. Anda menunggu sampai malam untuk membuat laporan penting untuk pemimpin anda, dan kemudian atap rumah mulai bocor, atau isteri anda sedang menderita sakit, atau mesin tulisnya rusak. Sebagai akibatnya, anda mengakhiri malam itu tanpa berbuat apapun juga atau berbuat secara serampangan sehingga anda terpaksa harus mengulanginya sekali lagi. Bila anda tidak mempunyai waktu untuk mengerjakannya dengan benar pada saat yang pertama, di manakah anda mencari waktu untuk mengerjakannya lagi?.

Ketiga, seandainya semuanya berjalan dengan baik dan anda benar-benar dapat berbuat banyak dalam waktu yang singkat, hal ini hanya berarti anda mampu mengetahui cara untuk menjadi efektif, tetapi jangan memilih melakukan hal ini kecuali anda berada di bawah tekanan. Anda telah menipu diri anda sendiri dengan kegagalan anda untuk menjadi lebih mampu dari potensi yang sebenarnya anda miliki. Demikian kata-kata Linus, "Tidak ada beban yang lebih berat dari pada potensi yang besar".

Akhirnya, bila anda tidak dapat menyelesaikan pekerjaan tetapi sebenarnya dapat melakukannya dengan memulainya lebih awal, mungkin anda akan kehilangan kepercayaan dan kehormatan diri.

No comments:

Post a Comment