Sunday, April 26, 2009

Pita 5 “Cara Terbaik Untuk Menyelesaikan Pekerjaan Adalah Dengan Mengerjakan Pekerjaan Itu Sendiri"

Alasan untuk filsafat yang sedemikian ini nampaknya sehat. Anda tidak perlu untuk memanggil atau membayar orang lain untuk melakukan hal tersebut, dan dengan mengerjakannya sendiri, anda tidak perlu memeriksa untuk meyakinkan apakah tugas tersebut telah diselesaikan secara memuaskan. Ini juga menghemat waktu yang diperlukan untuk memberikan penjelasan kepada orang lain tentang apa yang harus dilakukan dan bagaimana melakukannya.

Ada saat-saat di mana mengerjakan tugas sendiri itu merupakan suatu jawaban. Walaupun demikian, pada umumnya hal ini bukan merupan alasan yang tepat karena dua alasan. Pertama, walaupun perasaan anda mengatakan bahwa anda dapat berada disetiap tempat, anda tetap memiliki kerbatasan-keterbatasan. Anda dapat saja membenamkan diri ke dalam suatu proyek dengan tujuan hanya untuk mengetahui apakah anda sebenarnya tidak mempunyai waktu, pendidikan ataupun alat-alat yang diperlukan yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas tersebut agar berhasil baik. Anda bahkan dapat lebih memperumit permasalahan, menjadikan keadaan semakin buruk lagi. Siapapun yang pernah menangani proyek-proyek perbaikan dan penyempurnaan rumah yang rumit, banyak yang jatuh ke dalam perangkap ini. Anda melakukan resiko tinggi dengan mencurahkan waktu dan enerji anda ke dalam jurang yang tiada beralas dan berakhir dengan sia-sia.

Alasan Kedua dan yang lebih penting untuk menghindari sikap mengerjakan suatu tugas sendiri adalah bahwa sikap tersebut melemahkan efektifitas anda. Dengan mencurahkan diri untuk segala sesuatu, berarti anda telah melibatkan diri sendiri untuk hal-hal yang tidak perlu. Ini akan menyebabkan anda tidak mampu untuk memusatkan perhatian pada proyek-proyek yang jumlahnya sedikit tetapi memiliki imbalan yang tinggi untuk setiap penggunaan waktu dan enerji anda. Mengapa membuang-buang usaha anda dengan mempergunakan pendekatan “senjata pistol” bila anda dapat memusatkan diri dan menjadikan diri anda sendiri seperti sebuah “senjata berkaliber besar”.

No comments:

Post a Comment