Sunday, April 26, 2009

Kesalahan Pita-pita Kerja

Pada abad ke sembilan belas, Artemus Ward mengatakan "Bukan hal yang tidak kita ketahui yang membuat kita sakit. Hal-hal yang benar-benar kita ketahuilah yang telah menyakitkan".Bila tiba saatnya untuk bekerja, kata-kata yang lebih tepat tidak diucapkan. Kita semua memiliki ide, nilai, prasangaka, serta teori-teori tentang bekerja. Untuk mudahnya kita sebut saja hal tersebut sebagai "pita kerja", yaitu catatan pesan-pesan kerja kita yang tersimpan pada otak. Sebagian dari pita-pita ini kita sadari keberadaannya, dan lainnya berada di otak bawah sadar.

Namun, semua itu merupakan program yang mengatur tingkah laku kita dari waktu ke waktu. Kita mendapatkan pita-pita kerja tersebut dari sumber-sumber seperti orang tua, guru-guru, para pimpinan, rekan-rekan sejawat, pengalaman-pengalaman, agama, media serta pemerintah.

Masalahnya seringkali dalam situasi yang terbaik, pita-pita ini merupakan kebenaran-kebenaran yang tidak lengkap dan yang terburuk, ternyata merupakn angan-angan belaka. Namun, banyak di antara kita telah memainkan secara otomatis dan mempraktekkan petunjuknya dengan kegairahan yang dogmatis. Sebagai akibatnya, banyak pekerjaan yang menghasilkan sedikit atau tanpa pencapaian apapun, juga disertai dengan frustasi.

Berikut ini tercatat 12 pita kerja yang tercatat secara mithologis sangat dipercaya kebenarannya. Daftar ini mungkin saja tidak lengkap atau sudah tidak dipergunakan lagi. Pada saat anda membaca masing-masing pita, cobalah untuk memikirkan sesorang yang anda kenal yang masih hidup dan telah melaksanakan perintah-perintah tertulis ini. Apakah itu anda sendiri? bila anda benar-benar jujur terhadap diri anda sendiri, mungkin anda akan melihat keadaan diri anda sendiri pada beberapa pita tersebut.

No comments:

Post a Comment