Sunday, April 26, 2009

Pita 4 “Bakarlah Minyak Tengah Malam”

Kisah ini mendukung adanya suatu keyakinan bahwa hasil-hasil yang diperoleh dari suatu tujuan akan seimbang dengan jumlah waktu yang dipergunakan dalam mencapai tujuan. Pecansu-pecandu kerja adalah korban yang lazim dari kisah ini. Mereka terlihat setiap malam dan setiap akhir pekan di kantor mengatur jatah waktu yang tersedia untuk bekerja. Hal-hal lain dalam kehidupan seperti tidur, kelurga dan penyimpangan-penyimpangan , ditempatkan pada kategori kepentingan kedua yang jauh.

Ada bahaya-bahaya yang pasti yang menyangkut kegiatan bekerja dengan jam-jam kerja yang lama.

Pertama, kita semua cenderung bosan setelah menggunakan waktu yang cukup lama untuk bekerja. Kita perlu menyingkir dan mengisi kembali baterai-baterai kita. Kagagalan melakukan hal ini menghambat kegairahan dan kreatifitas kita.

Kedua, bila anda terbiasa dengan jam kerja yang lama, maka selalu saja tersedia waktu pada waktu malam atau pada saat-saat akhir minggu untuk menyelesaikan penulisan laporan atau menjawab surat-surat. Anda telah memberikan kesempatan bagi hukum Parkison masuk ke dalam kehidupan anda, yaitu kerja yang selalu mengembang dan selalu mengisi waktu yang tersedia.

Akhirnya harga yang harus dibayar oleh orang yang bertingkah laku seperti ini menjadi terlalu mahal. Senewen, kesehatan yang buruk, perceraian, kecanduan alcohol serta kematian yang premature merupakan hal-hal yang lazim bagi mereka yang telah membeli program minyak tengah malam ini.

No comments:

Post a Comment