Sunday, April 26, 2009

Pita 8 "Kerja Bukanlah Kesenangan"

Uraian tentang bekerja dalam Perjanjian Lama memberikan gambaran yang sangat suram. Kerja dianggap hukuman dari dosa-dosa, dan manusia harus menggunakan sebagian besar waktu jaganya untuk bekerja keras membanting tulang agar supaya dapat bertahan hidup. Maka, dari Kitab Kejadian terlahirlah sebuah nilai yang menjalar : kerja bukanlah untuk dinikmati. Abraham Lincoln mengungkapkan pengertian ini ketika dia mengatakan “ Ayah saya mengejar saya untuk bekerja, tetapi tidak untuk mencintainya. Saya benar-benar tidak pernah suka bekerja, dan saya tidak mengingkarinya. Saya lebih suka membaca menceritakan kisah-kisah, bergurau, bercakap-cakap,tertawa, atau apa saja kecuali bekerja.”

Dari semua kisah yang diprogramkan, nampaknya kita telah membuat kemajuan dalam menghilangkan anggapan yang satu ini. Kebanyakan dari kita menyadari bahwa pemerasan enerji mental dan fisik merupakan hal yang wajar. Kerja dapat suatu kenikmatan, sangat tidak menyenangkan atau diantara keduanya, tergantung dari individu dan macam pekerjaan itu sendiri. Kesulitan dalam mengikuti pita ini adalah bahwa bila anda berkeyakinan bahwa hanya ketidaknyamanan saya yang terkandung dalam bekerja , maka itulah semua yang akan anda peroleh.

Anda menanggung resiko tinggi apabila denagn cepat anda mengubah kepuasan-kepuasan hidup terbesar yang ada pada diri sendiri.

No comments:

Post a Comment