Monday, June 15, 2009

Alternatif Pemecahan

Sebelumnya ditulis bahwa pentingnya menuliskan tujuan (disini), dan masih menemui beberapa halangan. Dan berikut ada 2 alternatif pemecahan.


Alternatif 1
Agar pekerjaan berjalan dengan baik, sediakan waktu. Tuliskanlah semua rencananya, dan kemudian, hari demi hari, minggu demi minggu, dan seterusnya, lakukan dan selesaikan kegiatan-kegiatan tersebut. Apakah pemikiran, hubungan dengan kejadian-kejadian, pengaturan menurut waktu dan urutannya, penentuan siapa yang paling tepat untuk melakukan kegiatan ini supaya berjalan dengan baik seperti yang direncanakan, semuanya telah dilakukan?. Pekerjaan itu akan menjadi lebih mudah bila anda melihat pada seluruh perencanaan dari hari ke hari. Selanjutnya urutan-urutan penulisan tujuan anda (disini) dan tujuan-tujuan sepanjang hidup anda akan menjadi suatu kenyataan.


Alternatif 2
Anda tidak menuliskan seluruh kegiatan utnuk mencapai tujuan anda, tetapi selalu mengerjakannya setiap kegiatan itu muncul di hadapan anda. Manakah yang paling efektif menurut anda? Bila dituliskan dalam setiap kegiatan pencapaian tujuan, beberapa kegiatan yang diproyeksikan untuk bertahun-tahun mendatang, sangat mungkin untuk diubah. Anda juga akan berubah. Mungkin anda akan terpaksa meninggalkan beberapa kegiatan/pekerjaan yang telah anda rencanakan, namun pada intinya bahwa anda selalu akan tetap bertanggung jawab. Bila anda harus merubah rencana yang telah anda tetapkan, anda akan mengerti mengapa itu perlu diubah. Anda juga akan mengerti dari keadaan yang bagaimana perubahan itu perlu dilakukan, demikian juga anda mengerti arah tujuan perubahan itu. Andalah yang akan tetap bertanggung jawab. Perubahan itu sendiri bukanlah sebuah persoalan. Menangguhkan pengoperasian kegiatan-kegiatan untuk sementara waktu bukanlah suatu permasalahan. Apakah anda langsung melakukannya hari demi hari, ataukah anda menuliskan tiap kegiatan itu sebelumnya, bila anda merubah keputusan anda, anda harus membuat kelonggaran-kelonggaran dan melakukan kegiatan dengan cara yang berbeda pula. Menempuh cara menuliskan kegiatan lebih dahulu seperti alternatif 1, tidak akan merintangi anda untuk tetap mengerjakan kegiatan yang telah anda rencanakan.

No comments:

Post a Comment