Wednesday, June 17, 2009

Aturlah Ruang Kerja Anda


Setelah membicarakan tentang pentingnya peralatan, saatnya membicarakan ruang kerja.

Pertimbangkan lingkungan tempat di mana anda akan melakukan pekerjaan tersebut.Pengaturan ruang kerja anda memang merupakan urusan pribadi yang sangat tergantung pada selera serta pekerjaan yang akan anda lakukan. Namun, ada beberapa faktor dasar yang perlu diperhatikan :
  1. LOKASI. Bila anda dapat memilih ruang kerja anda, pilihlah ruang yang baik untuk melakukan pekerjaan anda. Bila pekerjaan tersebut memerlukan perhatian yang penuh, carilah tempat yang tenag dan tersendiri. Tetapi, bila anda akan membuka usaha sendiri, cari lokasi yang strategis, mudah dicapai pelanggan yang potensial untuk datang ke tempat usaha anda.
  2. RUANGAN. Setelah anda memiliki lokasi kerja yang tepat, ukurlah seberapa luas yang anda butuhkan untuk bekerja. Pada umumnya kita selalu merasa ingin mempunyai ruang kerja yang luas dibanding dengan yang kita inginkan. Langkah ini membantu untuk mengetahui ruang yang bagaimana yang tersedia sebelum kita melengkapinya dengan peralatan.
  3. KEMUDAHAN UNTUK MENCAPAI PERALATAN YANG DIBUTUHKAN. Adalah perlu untuk mebuat sebuah daftar peralatan yang ingin anda pergunakan dan menentukan peringkat kegunaannya. Selanjutnya, melalui daftar peringkat tersebut, anda akan terbimbing untuk mengatur letak peralatan tersebut. Hindari pemenuhan ruang kerja dengan barang-barang tidak penting.
  4. KENYAMANAN. Beberapa orang tidak percaya bahwa ruang kerja sebaiknya dirancang untuk memperoleh kenyamanan. Mereka biasanya adalah seorang pekerja keras atau seorang yang mempunyai pekerjaan yang terkait dengan hal-hal yang tidak menyenangkan. Pada kenyataannya, ketidak-nyamanan merupakan suatu gangguan yang hanya akan menghambat produktivitas saja. Mengapa harus membuat lebih banyak kesulitan dari yang seharusnya? Kehidupan ini telah terisi lebih dari cukup dengan ketidak-nyamanan, gangguan-gangguan dan frustasi.
Sebuah ruang kerja yang nyaman biasanya mempunyai tempat duduk, ventilasi dan penerangan yang layak. Bila anda harus duduk dalam jangka waktu yang lama, pilih kursi yang kokoh dan nyaman yang mempunyai sandaran punggung yang baik. Selain itu juga untuk menghindari ketegangan mata, gunakan penerangan yang tidak langsung dan yang merata. Ventilasi yang baik akan membantu mencegah kelelahan yang tidak perlu karena kesesakan lingkungan kerja. Keadaan temperatur yang cocok anda dapat bekerja sebaik-baiknya. Sebenarnya ini urusan pribadi, tapi hendaknya jangan menempatkan meja kerja anda pada hembusan angin yang langsung masuk.

No comments:

Post a Comment