Tuesday, June 9, 2009

Mengapa Penulisan Tujuan itu Penting?

Sebelumnya kita telah membahas cara untuk mendapatkan tujuan (yang bisa anda akses disini), dan bagaimana menuliskan tujuan-tujuan anda (silakan buka disini). Sekarang kita akan membahas mengapa penulisan tujuan itu penting.

Tuliskan tujuan anda, kemudian tuliskan "bagaimana cara" pemecahannya. Itulah kunci keberhasilannya. kebanyakan dari sistem-sistem lain hanya berhenti pada kegiatan mendefinisikan pada apa yang kita inginkan. Masalah yang sebenarnya bukanlah pada apa yang kita inginkan; tetapi terletak pada pencapaian tujuan tesebut.

Anda mungkin bertanya apa gunanya menuliskan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan pencapaian tujuan yang diperlukan. Jawaban dari pertanyaan ini adalah untuk lebih memudahkan langkah-langkah pencapaian tujuan supaya selalu dapat diikuti dengan baik, dari pada hanya dipikirkan di dalam kepala anda saja.

Mari lakukan sebuah latihan sederhana. Misalnya anda mempunyai 6 tujuan yang ingin anda capai. Masig-masing mempunyai 10-15 kegiatan untuk menjamin anda bisa mencapai tujuan tersebut. Setiap kegiatan harus dilakukan secara berurutan. Beberapa diantaranya perlu dilakukan orang lain. Banyak diantaranya merupakan tujuan-tujuan kecil, dan bila ingin berhasil maka tujuan tersebut harus diselesaikan dalam jangka waktu tertentu. Kini anda mempunyai 90 kegiatan dalam 1 urutan. Anda perlu tahu siapa yang harus mengerjakan dan kegiatan tersebut harus dilakukan sesuai dengan urutan waktunya. Apa anda percaya bahwa anda atau orang lain akan dapat melakukan 90 kegiatan tersebut dengan hanya memikirkannya saja?. Belum pernah ada seorangpun yang bisa melakukan pekerjaan itu hanya dengan memikirkannya saja.

1 comment: