Tuesday, June 16, 2009

Pergunakan Alat yang Tepat


Thomas Carlyle berkata "Manusia adalah binatang yang menggunakan alat, tanpa alat dia bukan apa-apa, tapi dengan alat dia merupakan keseluruhan" Ini perlu diingat. Berapa kali anda mengalami kegagalan dalam suatu pekerjaan yang pada akhirnya baru anda sadari bahwa hanya dengan menambah alat tertentu, anda akan dapat menghemat banyak waktu, energi, dan frustasi? Hal ini disebabkan karena kita memiliki kedcenderungan untuk memikirkan perkakas sebagai alat untuk melakukan suatu pekerjaan. Tapi kita harus mempergunakan kata "alat" untuk pengertian yang lebih luas.

Alat adalah segala sesuatu yang dapat kita gunakan untuk membantu kita mencapai tujuan kita. Tidak peduli macam apapun tujuan atau kegiatan yang kita kejar, semuanya membutuhkan peralatan.

Sebelum anda memulai pekerjaan, tanyakan pada diri anda "Alat apa yang akan saya perlukan untuk menyelesaikan tugas ini, apakah saya sudah memilikinya?" Bila anda tidak memilikinya, langkah pertama, pertimbangkan untuk mencari orang lain untuk melakukan kegiatan tersebut. Waktu, energi dan pembiayaan anda mungkin akan berkurang jika anda mempekerjakan orang lain. Tetapi, bila hanya anda yang dapat mengerjakannya, lakukan suatu usaha dengan pertama kalinya melengkapi diri anda dengan peralatan yang tersedia. Perbedaan orang bijak dengan orang dungu biasanya terletak pada peralatan kerjanya.

No comments:

Post a Comment