Monday, June 15, 2009

Merencanakan Tujuan Anda


Berapa lama sejak anda menyediakan waktu satu, dua jam atau lebih, sepanjang hari atau sepanjang minggu, duduk dan benar-benar mengerjakan perencanaan kegiatan tersebut, seolah-olah kehidupan anda benar-benar berjalan? Seringkali saya dengar jawaban yang menyatakan bahwa ternyata anda tidak pernah melakukannya. Apa ini berarti anda tidak dapat berhasil tanpa membuat perencanaan terlebih dahulu? Tidak!! banyak jalan menuju Roma. Ada lebih dari 1 cara untuk melkukan sesuatu. Saya tidak mengatakan ini adalah satu-satunya cara. Yang saya katakan, bila anda ingin lebih berhasil, lebih banyak menang, lebih mudah dalam melakukan segala sesuatu,lebih cepat lebih bertanggung jawab, menghadapi lebih sedikit masalah, maka rencanakanlah terlebih dahulu.

Sebuah contoh. Di Amerika dilakukan sebuah penelitian kecil tentang produktifitas 30 orang yang berhasil. 30 orang tersebut merupakan orang-orang yang sangat berhasil dan menjadi jutawan dalam masyarakat. Masing-masing 30 orang tersebut diajukan pertanyaan "Apakah anda menuliskan rencana-rencana anda?" 20 orang menjawab tidak. 6 orang menjawab ya. Hal ini menunjukkan bahwa anda tidak perlu menuliskan tujuan-tujuan anda supaya menjadi berhasil. Para peneliti kemudian bertanya "Apa yang telah anda capai?" Kemudian mereka memeriksa produktifitas 30 orang tersebut dan menemukan bahwa 24 orang yang tidak menuliskan rencana-rencana mereka memperoleh 40% dari seluruh jumlah perolehan kelompok. Sedangkan 6 orang yang menuliskan rencana mereka mendapatkan 60%. Terbukti bahwa jika anda menuliskan rencana, anda akan lebih efektif daripada hanya mengingat saja.

Bila anda ingin menjadi juara dalam mengatur kehidupan anda dan berhasil mencapai tujuan-tujuan anda, bila anda ingin, "Bekerja lebih pintar dan Bukannya lebih keras", bila anda ingin bekerja lebih sedikit dan mempunyai lebih banyak waktu bagi diri sendiri dan keluarga, bila anda ingin memperoleh lebih banyak dengan waktu yang lebih cepat dan efektif, maka tulislah "CARA" yang akan anda tempuh.

Apakah anda akan berhasil melaksanakan segala kegiatan yang telah anda gambarkan tersebut, sepenuhnya ditentukan oleh sejauh mana keinginan anda mencapai tujuan itu. Bila seseorang berkeinginan, diatas segalanya, untuk mencapai tujuan ini, maka keinginan itu akan mendoong motivasinya untuk melakukan pekerjaan yang diperlukan demi tercapainya tujuan. Tidak ada yang sulit. Mereka akan berusaha dan terus berusaha demi tercapainya tujuan mereka.

Bila keinginan anda untuk mencapai sesuatu sangat kuat, bila motivasi anda tinggi, bila tujuan anda merupakan pikiran dominan, apa yang akan anda lakukan hanyalah menuliskan tujuan-tujuan anda dalam rencana tindakan, dan kemudian melaksanakan rencana tersebut.

No comments:

Post a Comment