Sunday, June 7, 2009

Menentukan Tanggal Sasaran

Anda dapat membuat ketentuan yang baik untuk diterapkan pada diri sendiri dengan cara : Suatu tujuan tidak akan menjadi tujuan sampai anda memiliki batas akhir utnuk pencapaiannya. Penentuan tanggal sasaran untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut merupakan sebauh langkah yang lain untuk meningkatkan motivasi serta keterlibatan anda. Bila anda telah menetapkan tujuaj-tujuan utama yang harus dicapai, pecahlah menjadi tujuan-tujuan yang lebih kecil dan berilah tanggal batas dari akhir pelaksanaannya. Pada saat anda dapat memenuhi tanggal sasaran dari tujuan yang lebih kecil, anda akan merasa kemajuan itu membawa kepuasan dan kebanggaan. Selanjutnya hal ini akan menciptakan momentum yang lebih besar lagi untuk mencapai tujuan-tujuan utama berikutnya.

Untuk sederhananya, marilah kita membedakan tujuan-tujuan kita menjadi tiga golongan :

Tujuan Seumur Hidup
Hasil hasil yang anda harapkan atau hal-hal yang ingin anda alami selama hidup. Sering kali, walaupun tidak perlu, tujuan-tujuan sedemikian ini merupakan tujuan-tujuan jangka panjang dan memakan waktu lebih dari satu tahun untuk mencapainya.


Tujuan Jangka Menengah
Merupakan tujuan yang ingin anda capai dalam waktu kurang dari 1 tahun


Tujuan Harian
Membimbing anda agar memperoleh yang terbaik setiap harinya.

Semua tujuan tersebut harus disesuaikan antara tujuansatu dengan yang lainnya. Tujuan harian hendaknya membantu pencapaian tujuan janga menengah. Demikian pula dengan tujuan jangka menengah. Proses ini dimaksudkan untuk mengkoordinasikan pemakaian waktu dan energy anda secara efektif, dan keserasian tujuan. Suatu saat anda dapat mengubah tujuan-tujuan yang telah anda letakkan dalam suatu perspektif waktu, atau dapat menambah dan menghapus beberapa tujuan untuk kepentingan keserasian tujuan. Bila kita gagal menghubungkan masa kini dengan masa depan, maka kita setiap harinya akan memulai lagi pekerjaan dari awal. Kita menghadapi kenyataan yang kejam bahwa roda waktu terus berputar, tetapi kita tidak beranjak kemanapun juga.

Ambillah kertas lalu beri label "Tujuan-Tujuan Selama Hidup". Tuliskan tujuan apa saja yang hendak dicapai. Maksud dari semua ini adalah untuk memberikan pengarahan umum bagi anda. Sebab tidak realistis jika anda percaya bahwa anda dapat merencanakan seluruh hidup anda dengan rincian yang khusus.

Anda perlu membaharui daftar tujuan-tujuan hidup anda secara berkala. Pada saat dewasa, anda mungkin mengharapkan tujuan-tujuan tersebut ditambahkan dan dicoret dari daftar anda. Seperti yang telah dikatakan, bahwa rencana yang baik harus bersifat lentur (fleksibel).

No comments:

Post a Comment