Tuesday, June 16, 2009

Melaksanakan Organisasi yang Teratur


Melaksanakan organisasi adalah mengerjakan apa yang harus anda kerjakan sebelum melaksanakan sesuatu, sehingga bila anda melaksanakannya, semuanya tidak akan campur aduk.

Dalam sebuah filmnya, WC Fields berperan sebagai seorang eksekutif dimana terdapat banyak kertas berserakan di meja kerjanya. Dalam sebuah adegan, tampak seketika dia kembali ke meja kerjanya, ia menemukan seorang ahli efisinsi telah mengatur, menyusun kembali dan merapikan seluruh tumpukan kertas yang ada di mejanya. Kini, bagian atas meja telah berubah dan mencerminkan kerapian dan efisiensi,tapi Fields sendiri menjadi sangat frustasi. Dia tidak dapat menemukan apa yang dia butuhkan, maka dibuangnyalah tumpukan kertas yang telah rapi tiu ke udara, seperti seorang ahli makanan mencampakkan selada. Kemudian dia melangkah mundur, memeriksa kembali mejanya dan dengan cekatan meraih tumpukkan dan menarik dokumen yang dikehendakinya.

Untuk menilai sindiran dalam adegan itu kita harus menempatkan adegan pada perspektif sejarah. Pada saat Fields berada pada puncak kejayaannya, seorang ahli efisiensi mengatakan dalam sebuah pidatonya, salah satu kesalahan besar yang menyebabkan ketidak-efisienan adalah memiliki meja yang diatasnya terdapat dokumen-dokumen yang bukan merupakan dokumen pekerjaan yang harus segera dilakukan. Sebab sebuah meja yang bersih melambangkan efisiensi dan produktifitas.

Kini kita kurang yakin akan hal ini. Pada umumnya, kehidupan yang diorganisasi pasti lebih efektif daripada kehidupan yang kacau. Namun aturan yang keras dan ketat bukanlah satu-satunya peraturan yang harus dilakukan bila tiba saatnya untuk menjalankan organisasi. Dan inilah yang sebenarnya akan dikatakan WC Fields kepada kita melalui film tersebut. Kita semua harus menjalankan organisasi sesuai dengan kepribadian dan tugas yang sedang ada ditangan kita. Sementara anda merencanakan kehidupan anda, tahanlah untuk menjadi terlalu terorganisir secara berlebihan, hal ini dapt menjadi pembunuh efektifitas anda. Kebanyakan dari kita mengenal seseorang yang mempergunakan sebagian besar waktunya untuk menjadi terorganisir dan bukan memusatkan pada masalah yang memiliki prioritas tinggi. Persoalan serupa akan muncul pada saat anda mencoba untuk bekerja lebih pintar. Ingatlah, gagasan ini hanyalah sarana untuk mencapai tujuan anda dan tujuan kegiatan itu hanya adalah untuk dapat meningkatkan efektifitas sepanjang hidup anda.

Namun ada beberapa hal penuntun yang baik untuk melakukan organisasi dalam kehidupan dan pemikiran anda, dan mari kita bicarakan hal itu.

No comments:

Post a Comment