Sunday, June 21, 2009

Tingkatkan Daya Ingat Anda


Salah satu alat penghemat waktu dan energi kita yang terbesar adalah kemampuandaya ingat. Tanpa ingatan, semua yang kita pelajari akan menjadi tidak berguna. Kita harus menanggapi setiap keadaan seolah kita belum pernah mengalaminya. Kita menggunakan ingatan kita untuk belajar berjalan, berbicara, menyerap fakta-fakta, dan masih banyak hal lagi. Sayangnya, penyimpanan informasi merupakan hal yang berbeda dengan cara mendapatkan informasi tersebut. Disinilah komputer meiliki keunggulan yang lebih dari ingatan kita. Namun, kebanyakan dari kita mampu meningkatkan kemampuan kita utnuk menyimpan dan mendapatkan kembali informasi tersebut bila kita mengerti bagaimana ingatankita bekerja dan mampu menerapkan semua konsep sederhana yangdapat meningkatkan daya ingat kita.

Ingatan bukanlah suatu barang. Ingatan adalah sebuah pengujian atas keterampilan-keterampilan. Keterampilan ingatan biasanya dibedakan menjadi 3 tahap ;
  1. Mengingat, membiarkan informasi disimpan.
  2. Mencatat, Menyimpan bahan dalam otak sampai saatnya diperlukan.
  3. Mendapatkan kembali, Mengeluarkan kembali bahan-bahan dari tempat penyimpanan pada saat digunakan lagi. Inilah yang merupakan sebab-musabab munculnya persoalan besar dari hidup kita. Berapa kali anda mengatakan pada diri sendiri, "Itu sudah ada diujung lidah kita?"
Kita hanya bisa berbuat sedikit atau bahkan sama sekali tidak bisa berbuat apa-apa untuk meningkatkan kemampuan daya ingatan kita. Tetapi, kemampuan untuk mendapatkan kembali ingatan kita lebih banyak tergantung pada kita mencatat informasi, oleh karena itu kita dapat meningkatkan daya ingat dengan mengubah metode kita dalam membuat catatan. Secara ringkas, berikut petunjuk-petunjuknya;
  1. Bila anda sedang beristirahat, masukkan hal-hal yang perlu kedalam ingatan. Bila anda berusaha untuk menghafal sesuatu pada saat anda lelah, semua justru akan menjadi kacau.
  2. Pecahlah daftar-daftar pokok masalah anda menjadi satuan-satuan yang kecil yang dapat dikelola sebelum mencoba untuk menghafalkannya.
  3. Ulangilah kegiatan menghafal untuk beberapa kali. Menuliskan bahan yang perlu dihafal juga akan sangat membantu.
  4. Sediakan waktu selang beberapa saat. Awali setiap masa baru dengan meninjau kembali apa yang telah anda hafalkan sebelumnya untuk menjaga agar hal tersebut kokoh tertanam dalam ingatan anda.
  5. Hubungkan bahan yang sedang anda hafalkan tersebut dengan sesuatu yang telah tertanam kokoh dalam ingatan anda.
  6. Susun gagasan-gagasan yang harus dipelajarimenjadi sebuah sistem perumusan atau kata-kata sandi yang dapat membantu anda mengingatnya. Misalnya, banyak para eksekutif menggunakan kata sandi "AIDA" untuk "arouse Attention (membangkitkan perhatian) create Interest (menciptakan minat), stimulate Desire (merangsang dorongan keinginan), dan move to Action(bergerak untuk bertindak)".
  7. Gunakan saat-saat yang longgar, seperti pada saat anda menunggu sesuatu, untuk menghafalkan. Bawalah kertas catatan di dalam saku anda untuk mempermudah dan mempercepat kerja anda untuk memperoleh rujukan.

No comments:

Post a Comment