Wednesday, June 17, 2009

Kuasailah Seni Pengaturan Meja Kantor

Beberapa diantara kita melakukan sebagian atau seluruh pekerjaan di atas meja. Seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya, bahwa meja adalah sebuah alat tetap yang paling sering disalah-gunakan. Maka sebelum mendalami arti penggunaan alat ini dan bagaimana pengunaan yang sebaik-baiknya, Secara khusus meja bukanlah ;
  1. Tempat untuk mengumpulkan kertas. Dengan melihat banyaknya tumpukan kertas diatas meja, saya yakin bahwa pendaur ulang kertas akan lebih berhasil bila mereka menyerbu semua meja di gedung-gedung kantor daripada mengumpulkan kertas Koran tua dari pusat perbelanjaan setempat.
  2. Tempat penyimpanan makanan, payung, atau barang lain yang tidak ada kaitannya dengan pekerjaan.
  3. Tempat anda menumpuk barang-barang yang ingin anda ingat. Seorang eksekutif Negara Jerman pernah menegur Alec Mackenzie karena meja kerjanya penuh dengan tumpukan kertas, hanya karana dia tidak ingin melupakan kertas-kertas tersebut. Tetapi sebenarnya cara ini membawa hasil baginya. Memang setiap kali kita melihat tumpukan kertas itu, kadang-kadang kita dapat mengingat hal yang tidak ingin kita lupakan dan kemudian pikiran kita berjalan-jalan diantara susunan rencana kita. Dengan waktu yang berjalan, tumpukan kertas itu akan semakin tinggi dan kita akan melupakan apa saja yang ada dalam tumpukan itu. Kemudian kita dipaksa membuang waktu hanya untuk mengambil kembali dokumen yang perlu diperoleh dan usaha untukmengingat semua barang yang tidak ingin kita lupakan tersebut.
  4. Sebagai symbol status, atau tempat untuk menggelar hadiah-hadiah, trophy atau barang-barang sejenis lainnya. Penyalah-gunaan fungsi meja ini hanya akan menambah ukuran meja kita dari yang seharusnya. Permukaan meja yang lebih luas, membuat kita tanpa sadar cenderung mengisi setiap sisa ruang yang ada dengan tumpukan dokumen atau barang.
Kini kita telah membahas hal yang bukan merupakan fungsi dari meja, marilah kita meninjau fungsi meja yang sebenarnya. Meja adalah alat untuk memperlancar penerimaan dan pemrosesan informasi dan harus dipergunakan utnuk tujuan-tujuan yang telah dipikirkan

No comments:

Post a Comment