Thursday, June 18, 2009

Petunjuk Bekerja di Meja

Bila anda telah bersusah payah mengatur meja anda, berarti anda telah melangkah besar untuk maju dan menjadikan meja anda sebuah alat bantu yang lebih efektif. Beberapa orang berpendapat bahwa dengan mengatur kembali meja kerja setiap 6 bulan sekali akan sangat membantu usaha anda. Petunjuk berikut dirancang untuk mengurangi jumlah tumpukan-tumpukan dan meningkatkan efektifitas kerja anda.
  1. Dianjurkan pada saat anda bekerja, hanya ada satu proyek saja diatas meja kerja anda; dan proyek itu merupakan prioritas tertinggi pada saat tersebut.
  2. Jauhkan barang-barang yang tidak terpakai dari meja sampai anda siap untuk bekerja dengan barang-barang tersebut. Simpanlah barang tersebut dalam laci atau lemari arsip, dan harus jauh dari penglihatan.
  3. Jangan membiarkan diri anda tergoda dengan tugas-tugas lain hanya karena tugas tersebut nampak lebih menarik dan mudah. Anda harus mengerjakan pekrjaan yang telah menjadi prioritas utama dan harus tetap dikerjakan sampai benar-benar selesai.
  4. Bila pekerjaan tersebut telah sellesai, letakkan hasil kerja anda itu di tumpukan surat keluar dan kirimkan. Kemudian periksa kembali prioritas kerja anda selanjutnya dan lanjutkan kerja anda.
  5. Bila anda memiliki sekretaris, ajak sekretaris anda untuk ikut menjaga meja anda agar tetap bersih dan ikut mengingatkan anda setiap hari untuk mengerjakan prioritas utama hari itu.
Hal-hal di atas hanyalah petunjuk saja dan mungkin tidak cocok bagi anda. Anggapan meja bersih sebagai hal yang paling penting dalam bekerja tidak akan menyelesaikan pekerjaan, dan mungkin bagi sementara orang justru akan menjadi masalah yang mengakibatkan berkurangnya efektifitas dalam melakukan pekerjaan. Pilihlah gaya masing-masing yang sesuai dengan pribadi dan pekerjaan anda, tetapi jujurlah pada diri sendiri. Hanya sedikit diantara kita yang mampu melakukan pekerjaan sebaik-baiknya dengan meja yang penuh dengan tumpukan kertas tidak tertata di atasnya.

No comments:

Post a Comment