Wednesday, June 3, 2009

Menentukan Tujuan


Dalam usaha untuk menentukan apa yang anda kehendaki dari hidup anda, akan sangat membantu jika anda memcah hidup anda menjadi satuan yang dapat dikelola. Untuk melakukan hal ini, cobalah latihan ini.

Ambil 6 kartu lagi atau lembaran kertas dan beri labekl pada masing-masing lembar dengan judul-judul : tujuan-tujuan karir, tujuan-tujuan hubungan pribadi, tujuan-tujuan rekreasi, tujuan-tujuan pertumbuhan diri, tujuan-tujuan materi, tujuan-tujuan prestis. Lalu tulis beberapa tujuan dari tiap kartu atau lembar kertas tersebut. Seperti pada latihan pertama, kerjakan dengan cepat dan jangan menyensor pikiran anda. Pastikan bahwa tujuan-tujuan tersebut adalah milik anda sendiri. Saya tidak menekan hal ini terlalu kuat. Ini adalah kehidupan anda.

Sayangnya, kebanyakan darikita membiarkan tujuan-tujuan itu ditetapkan oleh majikan, orang tua, anak-anak, pemerintah atau siapa saja. memamng untuk menentukan tujuan sendiri jauh lebih sulit tetapi jadilah pribadi anda sendiri, meskipun ada banyak pihak yang membujuk anda untuk melakukan hal yang sebaliknya. Penentuan tujuan-tujuan anda oleh anda sendiri dan usaha keras untuk mencapainya, merupakan suatu langkah utama menuju kebebasan pribadi dan kehidupan yang berarti.

Seperti kata Cristopher Morley, "Hanya ada satu keberhasilan, yaitu mengisi hidup anda dengan cara anda sendiri".

Sampai disini mungkin anda berpikir bahwa segala pembicaraan mngenai tujuan anda sendiri ini menarik, tetapi agak tidak realistis. Biasanya pembahasan tentang pentingnya tujuan-tujuan yang harus ditentukan sendiri dalam suatu seminar akan mendapat tanggapan antara lain; "Pasti, saya akan membuka usaha sendiri, atau kembalike sekolah, atau hidup di suatu tempat lain lagi, atau dengan mengubah karir, tetapi saya harus lebih dulu menghadapi kenyataan yang ada saat ini". Selanjutnya mendengar keluhan dan penyesalan, misalnya; "saya terlalu tua", "suami atau istri saya akan meninggalkan saya", "orang tua saya sudah semakin tua" dan lain sebagainya. Sedikit banyak, pemikiran ini merupakan ketakutan dan kegagalan dari suatu usaha menjaga keamanan dalam kehidupan di dunia, dimana sebenarnya tidak terdapat keamanan. Sedangkan keamanan terdekat yang dapat kita capai adalah kemampuan kita sendiri untuk berbuat ditambah dengan percaya diri "dapat melakukannya".

Kevan Gosper.O.A, merupakan sebuah contoh yang mencolok tentang nilai penentuan tujuan pribadi. Kevan sangat menonjol dibidang olah raga dan usaha. Kevan adalah seorang mantan atlit Olimpiade peraih perak di nomor lari 400 meter di Olimpiade Melbourne dan peraih emas pada Commonwealth Games di Vancouver. Sekaligus berhasil ke puncak usaha menjadi Presiden Federasi Olimpiade Australia.

Kevan mengatakan, "percayalah pada dirimu sendiri, putuskan apa yang anda kehendaki,dengarkan orang lain, tapi buatlah keputusan anda sendiri. Bila anda telah memutuskannya, pusatkan pada tujuan-tujuan anda dan bekerjalah dengan satu tujuan tunggal untuk mencapainya. Bila anda benar-benar ingin memperolehnya anda harus berusaha sebaik-baiknya. Diatas segalanya, yakinkantujuan tersebut adalah milik anda dan ingatlah bahwa batas-batas dari keberhasilan anda ditentukan oleh anda sendiri".

Berikut beberapa contoh dari tiap macam tujuan dalam latihan ini. Apa yang terdapat di sini harus atau tidak boleh menjadi tujuan-tujuan anda. Penulisan ini hanyalah sebagai gambaran belaka. Bila anda memikirkan suatu tujuan yang termasuk dalam lebih dari 1 kategori, tuliskanlah pada masing-masing kartu. Sebuah tujuan yang muncul beberapa kali biasanya merupakan tujuan yang baik karena memperlihatkan potensi kepuasan yang luas bagi anda.

No comments:

Post a Comment